Kamis, 23 Oktober 2014

PR ONLINE


Public Relations Campaign
When the principles, techniques and media of public relations are applied in a campaign approach to accomplish a particular goal or goals of an organization, it is termed as public relations campaign.
PR campaign yang dimaksudkan salah satu dari PR Online ini adalah dimana PRO mengoptimalkan internet atau media online untuk mengaplikasikannya ke dalam program PR, dimana salah satunya, yaitu campaign. Di era serba digital sekarang, telah banyak program digital campaign yang sukses diselenggarakan oleh PR. Semakin banyak perusahaan yang mengampanyekan program mereka, mempromosikan produk/jasanya, dan lain-lain melalu media online. Contoh PR Campaign dari PR Online ini adalah Digital Campaign Real Beauty Sketches untuk Dove, yang dikampanyekan oleh PR Agency Ogilvy & Mather, Brasil.

Corporate Social Responsibilty Public Relations
Tanggung jawab sosial perusahaan berarti ‘memastikan keberhasilan komersial dalam cara-cara yang menghormati nilai-nilai etis dan menghormati orang, masyarakat dan lingkungan’. CSR ‘secara khusus memasukkan isu-isu yang terkait dengan etika bisnis, investasi masyarakat, lingkungan, kepemerintahan, hak-hak manusia, aktivitas ekonomi, dan tempat kerja’.
CSR di Indonesia umumnya banyak diartikan sebagai tindakan korporasi atau perusahaan besar untuk memberikan sumbangan (philanthropy) berupa materi seperti uang, peralatan atau hadiah lainnya kepada komunitas, organisasi atau individu di wilayah di mana mereka beroperasi. CSR seperti ini disebut dengan CSR as Corporate Philanthropy yang sebenarnya merupakan tingkatan paling rendah dari 3 type CSR yang ada: CSR as Corporate Philanthropy, CSR as Risk Management, dan CSR as Value Creation. Type CSR as Corporate Philanthropy ini hanyalah kulitnya CSR dan cenderung public relations dari perusahaan untuk menciptakan image yang baik.
Program CSR yang dilakukan oleh perusahaan, yang termasuk ranahan kehumasan ini merupakan bentuk praktik nyata dari perusahaan untuk lingkungan dan masyarakat sekitar. Program ini pun dapat diperkenalkan atau dioptimalkan melalui media online. Hasil berupa artikel yang ditulis di website perusahaan, liputan berita, dan lain-lain. Contoh perusahaan yang telah memperkenalkan CSR di media online, dengan meliput berita CSR Perusahaan dan selalu meng-upgrade program-program CSR terbaru, yaitu Astra Internasional.

Public Relations Workshop
Workshop adalah suatu acara di mana beberapa orang berkumpul untuk memecahkan masalah tertentu dan mencari solusinya. Sebuah lokakarya atau workshop adalah pertemuan ilmiah yang kecil.
Salah satu contoh workshop yang diselenggarakan oleh PR dan materi berkenaan dengan PR, yaitu Dalam meningkatkan SDM tenaga kehumasan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Se-Nusa Tenggara Barat, Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah 8  Bali Nusra menggelar kegiatan workshop peningkatan SDM Humas PTS Se NTB pada hari Sabtu 22 September 2014 di Hotel Lombok Plaza Mataram. Workshop yang digelar selama satu hari tersebut menghadirkan dua orang nara sumber yaitu Ismail Marzuki, MH Kepala Biro Humas IKIP Mataram menyampaikan materi public speaking dan Bimo dari TVRI NTB dengan materi tentang master of ceremony (MC). Adapun peserta workshop terdiri dari seluruh humas PTS di NTB yang berjumlah 100 (seratus) orang.

Facebook Public Relations
Facebook merupakan sebuah sarana sosial yang membantu masyarakat untuk berkomunikasi secara lebih efisien dengan teman-teman, keluarga dan teman sekerja. Situs facebook mempunyai keistimewaan dimana seseorang untuk melontarkan pesan dengan orang lain seperti halnya menyampaikan status tentang dirinya atau keberadaanya, dan memungkinkan para pengguna dapat menambahkan profil dengan foto, kontak, ataupun informasi personil lainnya yang berupa tulisan, gambar dan video. Serta bisa bergabung dalam komunitas untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan pengguna lainnya.
Dan hal semacam ini sesuai realita, perusahaan memanfaatkan tenaga PR untuk mempromosikan atau memecahkan sebuah permasalahan melalui situs facebook dan hal seperti ini membuat konsumen terpengaruh dengan apa yang disampaikan oleh PR mengenai bisnis dalam perusahaan. Pengoptimalan lainnya dari kegunaan facebook ini, yaitu mempermudah konsumen, pelanggan, publik, atau semua pihak yang bersangkutan dapat dengan ‘bebas’ mengutarakan pendapat, saran, masukan, keluhan, dan lain-lain. Facebook merupakan salah satu media atau wadah interaktif antara PRO dengan publiknya. Namun, perlu digaris bawahi bahwa facebook pun dapat menjadi bumerang bagi suatu perusahaan, karena berita baik maupun buruk dengan mudahnya menyebar dengan cepat. Namun, dalam menggunakan facebook ini memudahkan PRO untuk memantau atau media monitoring publiknya dari testimoni di facebook atau menanggapi suatu hal dengan cepat sebelum tersebar di media massa. Contoh praktisi humas yang mengoptimalkan media online facebook ini, yaitu Divisi Humas Mabes Polri.

Public Relations Consultancy
Konsultan (consultant) adalah pihak ketiga yang terlatih dan tak berpihak yang berupaya memfasilitasi pemecahan masalah melalui komunikasi dan analisis, dengan dibantu oleh pengetahuan mereka mengenai manajemen konflik. Berbeda dengan peran-peran sebelumnya, peran konsultan bukanlah menyelesaikan persoalan, melainkan memperbaiki (hubungan antara pihak-pihak)
Banyak dari agensi-agensi PR (consultant PR) menggunakan media online untuk mempublikasikan kegiatan mereka, client agensi mereka, masalah global yang berhasil diatasi, dan lain-lain melalui pengoptimalan website resmi agensi PR tersebut. Peran PR Consultant online ini pun tak hanya sebatas itu, melainkan beberapa agensi PR terkemuka di Indonesia memberikan informasi, edukasi, dan referensi seputar dunia kehumasan di website atau blog agensi tersebut. Beberapa contoh agensi (consultant PR) yang menerapkan hal tersebut (PR online), yaitu Ogilvy Indonesia, Fortune PR, Edelmen, Asia-PR, dan lain-lain.

CIPR Public Relations
Chartered Institute of Public Relations (CIPR) adalah mata, telinga, dan suara industri Public Relations (PR) di Inggris. Didirikan pada tahun 1948, CIPR mengembangkan keterampilan, meningkatkan standar PR, menghargai prestasi, mendukung para anggotanya, dan memberi PR suara yang lebih didengar. Dengan memiliki lebih dari 7.500 anggota, CIPR merupakan organisasi profesi PR yang terbesar di Eropa. Keanggotaannya didasarkan pada standar praktik yang tinggi, dan semua anggotanya taat pada kode etik perilaku. (www.cipr.co.uk) atau email info@cipr.co.uk)
CIPR turut serta menyumbangkan definisi Humas yang mengenalkan dimensi baru yang berbeda, Humas adalah tentang reputasi -hasil dari apa yang PR lakukan, apa yang PR katakan, dan apa yang orang lain katakan tentang PR tersebut- dengan tujuan untuk mendapatkan pemahaman dan dukungan, serta mempengaruhi opini dan perilaku.

Public Relations Reputations
John Dalton - Reputasi adalah total penilaian dari atribut-atribut stakeholder pada perusahaan, berdasarkan pada persepsi-persepsi mereka dan interpretasi-interpretasi pada image/citra perusahaan yang dikomunikasikan secara terus menerus.
John Kay - Reputation is the principal means through which a market economy deals with consumer ignorance. Reputation exists because of asymmetric information
Gary Davies (Manchester Business School) - Reputation is a collective term referring to all stakeholders’ views of corporate reputation, including identity and image.
Reputasi adalah tujuan sekaligus merupakan prestasi yang hendak dicapai bagi dunia Public Relations. Bagi perusahaan, reputasi adalah titipan kepercayaan dari masyarakat. Jadi jika perusahaan mengalami krisis kepercayaan dari publik maka akan membawa dampak negatif terhadap reputasi dan akan memerlukan usaha keras untuk menumbuhkan dan membangun kembali kepercayaan.
Pembentukan citra dan reputasi perusahaan dapat dinilai dan dilihat dari mana saja termasuk dari media online. Sudah marak perusahaan yang meraih gelar berbasis digital dikarenakan reputasinya yang tak usah dipertanyakan lagi. Media-media online atau PR online ini dapat menjadi tolak ukur untuk menilai reputasi suatu perusahaan.

Twitter Public Relations
Twitter adalah situs jejaring sosial (social networking site) yang berbasis microblogging, yaitu pesan yang dapat disampaikan dibatasi oleh jumlah karakter, yaitu 140 karakter. Dengan demikian mengirim pesan di twitter tidak jauh beda dengan mengirim pesan lewat sms. Kemudahan dalam beraktivitas, mengubah tampilan, dan berbagai dengan siapa pun di dunia, menjadikan Twitter sebagai microblog nomor satu di dunia. Dengan basis microblogging, maka Twitter adalah sebuah perwujudan dari web 2.0 yang sukses. Indikator web 2.0 adalah kemampuan untuk berinteraksi antarpengguna. Ini salah satu kelebihan dari twitter, yaitu menyebarkan informasi dengan cepat ke seluruh dunia.
Pengoptimalan twitter hampir sama dengan facebook. Dimana hanya dibedakan pada target segmentationnya. Untuk pengguna twitter, publik lebih dapat ekspresif dalam mengutarakan pendapatnya, dan berita jauh lebih menyebar luas dengan cepat. Dan PRO dari perusahaan yang menggunakan jejaring sosial twitter ini dapat dipermudah dengan fitur person-to-person dalam berkomunikasi, yaitu dengan me-mention pengguna twitter lain. Contoh bidang kehumasan yang aktif menggunakan twitter, yaitu restoran Bebek Garang dengan akun twitternya @BebekGarang.

Sumber:
Reddi, Narasimha. Effective Public Relations and Media Strategy. New Delhi: PHI Learning Privvte Limited M-97. p.400
Wasesa, Silih Agung dan Jim Macnamara. 2005. Strategi Public Relations. Jakarta: PT Gramedia. http://bsr.org/BSRResources/IssueBriefDetail.efm?DocumentID=48809
Bevly, Beni. 2012. Corporate Social Responsibility: Hikmah Kegagalan dan Keberhasilan Strategi Bisnis di Amerika Serikat. Mountain House, CA, USA: San Francisco School. 
Parsons, Patricia. 2006. Seri PR: Etika dalam PR. Erlangga. 
Listiani, Endri. 2009. Modul1: Mengelola Merek dan Reputasi. Jakarta: UMB. 
Pudyastomo, Yulius Andre. 2009. Twitter; Facebook mah Kuno!. Jakarta: PT Buku Kita.
Robbins, Stephen dan Timothy A.Judge. 2—7. Perilaku Organisasi, Edisi 12. Buku 2. Pearson Education, Inc.

Referensi:
Efendi, Nanang. 2011. Diakses pukul 22:36, 20 Oktober 2014. Kinerja Public Relations dan Sosial Media. http://nadiverboys.wordpress.com/2011/06/05/public-relations-dan-sosial-media/. Bandung. Aff, Anas. 2012. Diakses pukul 09:44, 21 Oktober 2014. http://anasaff.blogspot.com/2012/08/workshop-dan-jenisnya.html. Jatinangor.
____________. 2011. Diakses pukul 12:00, 21 Oktober 2014. http://indagenoveva.blogspot.com/2011/03/public-relations-dan-hubungannya-dengan.html. Bandung.

1 komentar:


  1. Menggunakan media massa untuk berkomunikasi dan menyampaikan pesan klien secara efektif dan untuk khalayak yang tepat. Dengan memilih platform media yang berbeda untuk mencapai beberapa tujuan, kami memastikan bahwa setiap pesan yang disampaikan pada waktu yang tepat.
    http://synthesisindonesia.co.id/about/

    BalasHapus